nihongo@stba.ac.id 087822127474

SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING YAPARI-ABA BANDUNG
Promote Better Global Understanding Through Foreign Languages & Tourism

May 24, 2023 - BY Admin

Pertukaran budaya Indonesia-Jepang ke-5 bersama Celulas

Sepuluh mahasiswa dari Prodi Bahasa Jepang STBA YAPARI-ABA Bandung kembali mengikuti acara Indonesia Kouryuukai (インドネシア交流会) pada 14 Mei 2023, kegiatan pertukaran budaya Indonesia dengan orang Jepang. Indonesia Kouryuukai merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Celulas, sebuah organisasi non-profit yang memiliki misi untuk mengenalkan berbagai ragam budaya di seluruh dunia. Indonesia Kouryuukai kali ini adalah pertukaran yang ke-5 kalinya sejak pertama kalinya acara ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa Prodi Bahasa Jepang STBA YAPARI-ABA Bandung dari tingkat 1-3 dan peserta dari Jepang dengan berbagai kalangan usia, dari anak-anak hingga lansia.




Pada acara kali ini, mahasiswa Program Bahasa Jepang STBA memperkenalkan berbagai budaya Ramadan dalam masyarakat Indonesia kepada orang Jepang, lalu dilanjutkan dengan kuis seputar Indonesia. Setelah itu perwakilan dari Jepang membahas tentang Onomatope Binatang dalam Bahasa Jepang dan sedikit situasi dari peternakan yang ada di Hokkaido. Setelah presentasi selesai, peserta Indonesia dan Jepang diberi waktu selama 50 menit untuk melakukan Jiyuu Kaiwa atau berbincang dengan bebas yang dibagi ke dalam 5 kelompok kecil. Salah satu kelompok melakukan kegiatan melipat origami bersama. Kemudian kegiatan diakhiri dengan salam penutup dan juga foto bersama.

Pelaksanaan Indonesia Kouryuukai yang ke-5 iniditerima dengan baik dengan tingginya antusiasme yang ditunjukan baik oleh peserta dari mahasiswa STBA YAPARI ABA maupun peserta dari Jepang. Semogaacara ini tetap terus berjalan secara rutin karena manfaat yang diberikan dari acara ini begitu banyak, mulai dari melatih kemampuan berbahasa mahasiswa hingga menjalin dan menjaga hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang.  


(HZA)